Katabolisme heme

Peningkatan kadar bilirubin direk atau bilirubin terkonjugasi dapat disebabkan oleh gangguan ekskresi bilirubin intrahepatik antara lain Sindroma Dubin Johson dan Rotor, Recurrent benign intrahepatic cholestasis, Nekrosis hepatoseluler, Obstruksi saluran empedu.

Hem yang dilepaskan dari hemoglobin tapi dengan cepat akan diubah menjadi bilirubin tidak terkonjugasi dan dibawa ke hati. Ambilan bilirubin 4. Proses ini dinamakan konjugasi dan dapat memakai molekul polar yang bukan asam glukoronat misal, sulfat.

Sebagai contohnya, sintesis albumin terjadi di jaringan hati. Reaksi yang demikian ini disebut sebagai respirasi aerob. Contoh SET adalah molekul gula atau asam-asam lemak, dapat dipecah dengan bantuan enzim dan beberapa molekul sederhana.

Metabolisme Heme Dan Porfirin New

Ekskresi bilirubin Setelah mengalami proses konjugasi, bilirubin akan disekresikan ke dalam kandung empedu, kemudian memasuki saluran cerna dan diekskresikan melalui feces. Bilirubin terkonjugasi bereaksi cepat dengan asam sulfanilat yang terdiazotasi membentuk azobilirubin.

Nama siklus ini berasal dari nama orang yang menemukan reaksi tahap kedua respirasi aerob ini, yaitu Hans Krebs. Metabolisme Bilirubin di Hati 1. Namun, menurut ilmu biologi respirasi adalah proses mobilisasi energi yang dilakukan jasad hidup melalui pemecahan senyawa berenergi tinggi untuk digunakan dalam menjalankan fungsi hidup Wikipedia.

Zat ini merupakan enzim yang belum aktif yang dibentuk oleh hati. Reaksi redoks ini melepaskan energi yang digunakan untuk membentuk ATP. Terdapat peningkatan ekskresi uroporfirin yang bila terpapar cahaya menyebabkan urine berwarna merah.

Kebanyakan respirasi yang dapat disaksikan manusia memerlukan oksigen sebagai oksidatornya.

Bilirubin Adalah – Apa Itu Bilirubin

Biliverdin yang larut dalam air kemudian akan direduksi menjadi bilirubin oleh enzim biliverdin reduktase. Ekskresi bilirubin larut kedalam saluran dan kandung empedu berlangsung dengan mekanisme transport aktif yang melawan gradien konsentrasi.

Sebagian besar urobilinogen dirubah oleh flora normal colon menjadi urobilin atau sterkobilin yang berwarna kuning dan diekskresikan melalui feces. Porfiria toksik atau akuisita disebabkan oleh obat atau zat toksik seperti griseofulvin, barbiturat, heksachlorobenzene, Pb dan sebagainya.

Sedikit mengenai : METABOLISME BILIRUBIN

Anemia Hemolitik Anemia Hemolitik adalah anemia yang terjadi karena meningkatnya penghancuran sel darah merah. Proses ini dikatalisis oleh enzim diglukoronil transferase dan menghasilkan bilirubin diglukoronida. Berbagai penyakit ataupun keracunan yang menyebabkan pemecahan sel-sel darah merah dalam jumlah yang melebihi normal akan memyebabkan pembebasan hemoglobin dalam jumlah besar.

Pengobatan ikterus neonatus Pemberian fenobarbitaluntuk menginduksi metabolisme bilirubin Fototerapi katabolisme heme sinar UV untuk mendorong ekskresi bilirubin tak terkonyugasi oleh hati dengan mengubah sebagian bilirubin menjadi turunan lain, misal fragmen maleimid dan isomer-isomer geometrik yang diekskresikan dalam empedu View More Presentations.

Terjadi pada sel Ragi Saccharomyces cerreviceae. Bagian porfirin tanpa besi pada heme juga diuraikan, terutama di dalm sel-sel retikuloendotelial hati, limpa, dan sumsum tulang.

Metabolisme Bilirubin di Usus Setelah mencapai ileum terminalis dan usus besar bilirubin terkonjugasi akan dilepaskan glukoronidanya oleh enzim bakteri yang spesifik b-glukoronidase.

Pada penyakit ini dijumpai ekskresi porfobilinogen dan asam amino levulenat yang meningkat menyebabkan urine berwarna gelap. Dalam keadaan fisiologis, pada hakekatnya seluruh bilirubin yang diekskresikan ke dalam empedu berada dalam bentuk terkonjugasi.

Sedangkan pada mamalia, dengan bantuan enzim biliverdin reduktase, terjadi reduksi jembatan metenil antara cincin pirol III dan IV menjadi gugus metilen, membentuk bilirubin IXa yang berwarna kuning.

Kemungkinan pada tahap ini bukan merupakan proses rate limiting. Share to.Metabolism (/ m ə ˈ t æ b ə l ɪ z ə m /, from Greek: μεταβολή metabolē, "change") is the set of life-sustaining chemical reactions in elbfrollein.com three main purposes of metabolism are: the conversion of food to energy to run cellular processes; the conversion of food/fuel to building blocks for proteins, lipids, nucleic acids, and some carbohydrates; and the elimination of.

Metabolism

KATABOLISME HEME • Dalam keadaan normal umur sel darah merah (eritrosit) lebih kurang hari. • Proses degradasi ini terjadi di jaringan RES. yaitu pada bagian mikrosom dari sel RES. Selanjutnya dengan NADPH dan oksigen ditambahkan pada jembatan α-metenil antara cincin pirol I dan II membentuk gugus hidroksil • Dengan penambahan.

Bilirubin berasal dari katabolisme protein heme, dimana 75% berasal dari penghancuran eritrosit dan 25% berasal dari penghancuran eritrosit yang imatur dan protein heme lainnya seperti mioglobin, sitokrom, katalase dan peroksidase.

Macam-macam Bilirubin. a. Bilirubin terkonjugasi /direk. 14 Katabolisme Heme Heme diuraikan dalam mikrosom sel retikuloendotel oleh sistem heme oksigenase. Sistem ini terletak sangat dekat dengan sistem transpor elektron.

Oksigen ditambahkan pada jembatan a-metenil antara pirol I dan II. Produk yg terbentuk adalah biliverdin IX-a. Biliverdin IX-a akan direduksi jadi bilirubin. Besi akan dilepaskan dari heme kemudian memasuki depot besi yang juga dapat dipakai kembali.

Sedangkan porfirinnya akan dikatabolisme dan menghasikan bilirubin. Proses pertama dari katabolisme heme dilakukan oleh kompleks enzim heme oksigenase.

Pada saat mencapai heme oksigenase besi umumnya sudah teroksidasi menjadi bentuk feri membentuk hemin. 5/27/ · Katabolisme hemoglobin 1. Katabolisme Hemoglobin 2. Eritrosit Lisis Globin As Amino Penyusunnya Hb Lisis Besi (Fe2+) Heme Porfirin, CO hemeoxigenase Biliverdin Bilirubin.

Katabolisme heme
Rated 4/5 based on 85 review