Jurnal pengetahuan pasien dm terhadap diet

Untuk menstabilkan kadar gula dalam darah diperlukan berbagai jenis insulin dan oral serta pengetahuan yang tepat bagi penderita diabetes mellitus tentang diet diabetes mellitus diharapkan dapat menghasilkan suatu tindakan yang benar dalam penyediaan diet diabetes mellitus Lanywati, Kriteria inklusi pasien dalam penelitian ini adalah pasien diabetes mellitus tipe 2 yang menerima obat di Apotek Puskesmas Kota Malang, pasien diabetes mellitus tipe 2 pertama maupun yang sudah pernah ke dokter sebelumnya, pasien diabetes mellitus tipe 2 yang bersedia mengisi kuisioner dan pasien diabetes mellitus tipe 2 yang bersedia mengikuti penelitian dan pasien yang menerima 1 atau 2 obat anti diabetes.

The subject who meet the inclusion criteria were involved. Dari 51 pasien yang berada diruang interna RSUD dr. Instrumen penelitian ini menggunakan skala likert yang mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif yaitu sangat setuju memiliki skor 4setuju skor 3tidak setuju skor 2 dan sangat tidak setuju skor 1.

Arikunto A. Beberapa contoh bentuk kelalaian klien seperti makan yang berlebihan atau kegemukan, kurang gerak atau jarang berolah raga, kerja fisik yang berlebihan Lanywati, Pustaka Pelajar.

Akan tetapi agar sikap menjadi perbuatan nyata diperlukan faktor pendukung atau suatu kondisi yang memungkinkan. Faktor lingkungan yang diperkirakan dapat meningkatkan faktor risiko DM tipe 2 adalah perubahan gaya hidup seseorang, diantaranya adalah kebiasaan makan yang tidak seimbang akan menyebabkan obesitas.

Effect of Aging on Glucose Homeostasis. H Moh. Karena pengertian yang salah tentang perawatan diabetes mellitus sering terjadi karena kurangnya pengetahuan 4.

TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELLITUS TENTANG

Sampel diambil dengan cara tehnik non random sampling yaitu secara purposive sampling. Metodologi penelitian kesehatan: Aktivitas sangat mempengaruhi terjadinya diabetes mellitus, dimana pada orang yang kuat dalam beraktvitas akan cenderung mempunyai frekuensi denyut jantung yang lebih tinggi sehingga otot jantung akan harus bekerja lebih keras pada tiap kontraksi.

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG DIET DIABETES MELLITUS DENGAN

Tingkat pengetahuan dihitung dengan cara sebagai berikut: Mihardja, L. Sedangkan untuk tujuan umum penelitian meliputi: Mewujudkan kesehatan yang optimal bagi masyarakat di selenggarakan upaya-upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan peningkatan kesehatan promotifpencegahan penyakit preventifpenyembuhan penyakit kuratifdan pemulihan kesehatan rehabilitatif Notoatmojo, Sebanyak All rights reserved.

Karena pekerjaan ibu rumah tangga mempunyai aktitias fisik yang lebih ringan sehingga memiliki faktor resiko terkena diabetes mellitus lebih tingggi dan dimungkinkan ada faktor resiko lain seperti stress yang dapat memicu terjadinya peningkatan aktivitas saraf simpatis sehingga tekanan darah menjadi persisten lebih tinggi dari biasanya8,9.

Diabetes Care. Salah satu cara untuk mengurangi resiko terjadinya komplikasi dan kekambuhan dari diabetes mellitus adalah dengan kepatuhan penerapan diet diabetes mellitus. Dari hasil observasi bahwa di wilayah kerja tersebut tingginya angka kejadian tersebut karena faktor ketidaktahuan penderita tentang diet Diabetes Mellitus yang benar.

Semakin lama responden menderita diabetes mellitus maka pengalamannya terhadap penyakit tersebut juga akan bertambah. Dikutip oleh Arrohman Nur. WHO Press Jurnal Keperawatan Medikal Bedah.

Diakses tanggal 20 Septemberdari http: Ilmu Perilaku Kesehatan. Diabetes mellitus merupakan gangguan kesehatan yang sering dijumpai dan termasuk kesehatan masyarakat yang perlu segera ditanggulangi.Sikap positif pasien DM terhadap diet disebabkan karena sudah mengetahui dan merasakan manfaat diet ataupun melihat pengalaman dari orang lain di sekitarnya dapat hidup sehat.

Akan tetapi agar sikap menjadi perbuatan nyata diperlukan faktor pendukung atau suatu kondisi yang memungkinkan.

KEPATUHAN PASIEN RAWAT INAP DIET DIABETES MELLITUS BERDASARKAN TEORI KEPATUHAN NIVEN

Seperti misalnya pasien yang telah berniat makan sesuai anjurkan ahli gizi, keluar dari jalur tersebut karena. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengetahuan, pendidikan dan kepatuhan diet pada pasien DM rawat jalan di RSUD Karanganyar.

Jenis penelitian ini.

Jurnal Husada Mahakam Volume III No. 9, Meihal. PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, PERILAKU DAN GULA DARAH PADA PASIEN. pengetahuan tentang diet DM dan kuesioner untuk mengukur perilaku kepatuhan diet DM. Analisa hubungan antara tingkat pengetahuan tentang diet dengan perilaku kepatuhan melaksanakan diet pada pasien NIDDM dengan menggunakan uji analisa Spearman Rank Correlation (Arikunto, ; Notoatmodjo, ).

HASIL DAN PEMBAHASAN Gambar 1. Diagram Tingkat pengetahuan pasien Author: Dwi Rahayu. Jurnal Farmasi Indonesia Vol. 6 No.1 Januari 38 PENGETAHUAN PASIEN TENTANG DIABETES DAN OBAT ANTIDIABETES ORAL Yunita Nita, Ana Yuda, Gesnita Nugraheni.

Download Jurnal Farmasi Indonesia Vol. 6 No.1 Januari PENGETAHUAN PASIEN TENTANG DIABETES. DAN OBAT ANTIDIABETES ORAL. Yunita Nita HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG DIET DIABETES MELLITUS DENGAN.

Download Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang diet diabetes mellitus dengan kepatuhan pelaksanaan diet .

Jurnal pengetahuan pasien dm terhadap diet
Rated 3/5 based on 29 review